Kamis, 25 Juni 2015

[Resep] Puding Roti Pandan

Assalamualaikum.....
Karena beberapa bulan belakangan ini saya lagi suka-suka nya masak, baking dan semacamnya jadi bakalan nge post resep sering-sering sepertinya. Tapi mbikin-mbikin, nyontek-nyontek resep baru ini saya lakuin kalo misal ada mood nya aja. Pernah saya maksain buat baking kue pas mood lagi kacau, hasilnya?? Kuenya zonk teman-teman -__-  jadi makanan yang saya hasilkan tergantung mood saya waktu masak.

Kalo misal abis nyoba resep baru, saya suka undang temen-temen buat maen kerumah sekedar nyicipin plus kasih saran kurangnya dimana-mana nya. Kata temen si rasanya enak dan udah pantes buat dijadiin bisnis alias jualan. Tapi karena saya orangnya yang sesuai mood tadi makannya belum berani buat njual-njual makanan, takut ga konsisten di rasa sama bentuknya.

Baiklah curhatannya dikit aja, nanti kallian malah ga baca intinya gegara kebanyakan curhat hehehhe. Sekarang saya mau share resep puding favorit saya dan resep nya saya adaptasi dari blog kesukaan saya, just try and taste. Bikin puding ini gampanggg banget dan selalu berhasil. Saya udah bikin beberapa kali, pakai susu dan santan dan rasanya sama enaknya tapi saya lebih suka yang make santan.

Oya pudingnya cocok loh buat dijadiin menu buka puasa alias takjil. Soalnya kan rasanya manis terus juga dingin. Iya, saya kalo abis bikin suka saya masukin kulkas biar lebih nyesss...

Puding Roti Pandan
Bahan:
7 lembar             Roti tawar disobek-sobek
5 Buah          Pisang sunpride yang udah benyek alias mateng banget, iris serong (bisa           menggunakan jenis pisang lainnya yang rasanya manis, kalau pisang keras, bisa direbus/dikukus terlebih dahulu baru di iris serong)
200 gr                 Gula pasir
200 ml                 Ekstra pandan (dari 6-7 lembar daun pandan diblender dengan 250ml air)
250 ml                 Susu cair atau santan dengan kekentalan sedang
50 gr                    Margarin di cairkan
3 butir                  Telur dikocok lepas
1 sdm                   Tepung maizena dilarutkan denngan 3sdm ekstra pandan

Cara Membuat:
Siapkan mangkuk, masukkan gula pasir, ekstra pandan, susu cair, maizena, margarin leleh, dan telur kocok. Aduk rata dengan spatula atau whisker hingga larut dan tercampur rata. Sisihkan.

Siapkan loyang. Tata selapis roti tawar yang sudah di sobek-sobek pada permukaan loyang. Beri pisang diatas roti tawar lalu beri roti kemudian. Lakukan berulang sampai bahan habis. Terakhir tata roti tawar dibagian atas.

Siram roti dengan larutan ekstra pandan dan telur. Lakukan sampai bagian roti terendam cairan hijau.

Diamkan 15 menit agar roti menyerap cairan dengan sempurna.

Masukkan ke dalam kukusan yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus selama 30-40 menit. Beri kain lap bersih di tutup kukusan agar uap air tidak menetes kedalam puding.

Puding akan mengembang jadi usahakan gunakan kukusan yang besar agar puding tidak menempel pada kain. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar