Senin, 09 Maret 2015

[Resep] Makaroni Schotel dengan Saus Putih

Saya tadi siang masak macaroni panggang, biasalah liat resep di salah satu group masak di Fb. Tapi setelah buka kulkas ternyata banyak bahan yang ga adanya. Ga ada smoked beef, daging giling dll nya, makannya saya improvisasi ajah pake bahan yang ada hehehehe. Tapi ini beneran jadinya enak banget makannya saya dengan sepenuh jiwa semangat banget buat ngepost. Berhubung pas dicobain enak, ehhh potonya cuma ada 1, baru sadar setelah abis setengah :D

Saya kalo masak2 kaya gini, misalkan bahannya ada yang ga ada suka saya skip atau ganti dengan bahan yang ada. Karena menurut saya masak2 mah bisa dicicip2 yah sebelum diangkat. Kalo kurang ini itu bisa ditambahin itu ini. Oya biarpun makaroninya dipanggang tapi kan sebelumnya dimasak dulu jadi bisa deh di skip sana sini.


Tapi kalo misalkan baking membaking, saya ga berani skip sana skip sini, soalnya resiko kue jadi bantet atau keras atau lembek itu sangaatttt besar. Kan kalo misal di panggang gini ga bisa dicicipin yah jadi kita harap2 cemas ajah nunggu timer bunyi Treeng!!! Dan pas buka oven, disanalah saya merasa deg deg serrrr….

Saya pas masak makaroninya ga pake ukuran, asal brus brus masuk panci masuk wajan :D
Tapi ini beneran jadinya enakkkk deh

Bahan
150 gr             macaroni (saya ga diukur)
200 gr             keju parut (saya pake setengah kotak keju chedar itu yah)
1 potong         paha ayam
1,5 buah         sosis sapi
½  buah          bawang Bombay
1 sdt                kaldu bubuk (ga diukur asal rasanya enak saya stop)
¼ sdt              kayu manis
½ sdt              merica (saya pake ½ bungkus)
100ml             susu cair
1 butir             telur
Bubuk cabe secukupnya


Bahan Saos Putih
100 ml            susu cair
I sdm               margarine untuk menumis
1 sdm              tepung terigu
¼ sdt              garam
¼ sdt              pala (saya pake kayumanis)
¼ sdt              merica ( pake 1 sdt)
50 gr               keju parut (ga diukur)
Bubuk cabe secukupnya

Bahan taburan
Keju secukupnya.

Cara Membuat:
Rebus macaroni, jangan sampai lembek sekali.

Panaskan margarine, tumis bawang Bombay hingga harum.

Masukan cincangan ayam dan sosis, aduk rata.

Masukan macaroni, kemudian masukan susu sedikit demi sedikit, kecilkan api lalu masukan merica, garam, kaldu bubuk, kayu manis dan bubuk cabe, aduk rata.

Masukkan telor, aduk rata kemudian masukkan keju, aduk.

Angkat dan tuang kedalam Loyang yang telah diolesi margarine.

Cara Membuat Saus Putih:
Panaskan margarine, masukkan terigu lalu aduk cepat.

Masukkan susu sedikit demi sedikit sampai adonan kental.

Masukkan keju, garam, merica, bubuk cabe dan kayu manis aduk sampai licin lalu tuangkan ke atas macaroni.

Panggang macaroni yang sudah diberi saus putih dan ditaburi keju dengan suhu 170 c selama kurang lebih 23 menit.


Happy Cooking…..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar