Senin, 20 April 2015

[Resep] No Knead Bread (Roti Tanpa Diuleni)

Setelah kehebohan saya di dunia makeup beberapa bulan lalu sudah surut, belakang saya balik lagi ke hobi saya yang dulu, Yaaakk hobi saya ga jauh-jauh dari dunia cewe yaitu memasak, baking, cooking atau apapun namanya yang pasti intinya berkutat di dapur.

Karena sering liat AFC saya jadi kecanduan pengen bikin ini itu. Saya juga follow beberapa food blogger dimana itu bikin saya makin keranjingan nyobain resep baru.

Kali ini saya mau share resep roti. Tapi roti yang tanpa diuleni yah. Emang bisa roti tanpa diuleni? bisa bangeett asal waktu fermentasi nya lamaaa hehehhe...

Sebenernya bikinnya si udah dari 2 mingguan yang lalu tapi baru sempet nulisnya sekarang.
Saya juga ga kasih foto step by step nya. kenapa?? karena saya kalo popotoan di dapur suka ripuh sendiri gihihihi #maapkeun yah...

Oke, langsung aja yah. ini dia resep No Knead Bread nya. Oya resep aslinya dari blognya Catatan Nina yah.. salah satu food blogger yang saya follow dan saya banyak praktekin resep2 nya.

Bahan :
120 ml susu
100 ml air
40 gr gula pasir halus (bisa diblender dulu)
4 gr garam halus
6 gr ragi instan
260 gr tepung terigu protein tinggi
40 gr tepung terigu protein sedang
30 gr mentega cair

Isian :
sesuai selera, saya pakai selai strowberry, abon, keju dan sosis.

Olesan :
1 kuning telur + 1 sdm susu cair

Cara Membuat :

- Tuang susu dan air dalam mangkok, kemudian masukkan gula dan garam. Aduk hingga gula larut.

- Taburkan ragi instan pada mangkok tersebut dan diamkan 5 menit. Jika ragi sudah tercampur dengan air, aduk dengan sendok hingga larut.

- Masukkan campuran terigu yang sudah diayak, lalu aduk menggunakan sendok kayu hingga membentuk adonan yang kenyal.

- Masukkan mentega cair dan aduk hingga rata. Tekstur adonan akan basah dan lengket.

- Tutup mangkok dengan plastik wrap atau bisa juga menggunakan serbet bersih. Fermentasikan selama 20 menit.

- Setelah 20 menit, taburi tangan dengan tepung terigu dan kempiskan adonan. Balik adonan bagian bawah dan bentuk bulat. Fermentasikan lagi selama 20 menit. Ulangi proses fermentasi ini selama 3x.

- Setelah 3x proses fermentasi, adonan bisa disimpan di kulkas selama kurang lebib 5-6 jam atau semalaman (saya cuma 3 jam dan hasilnya sudah oke). Kalau mau langsung dibentuk dan dioven juga bisa ya.

- Keluarkan adonan dari kulkas, kempiskan dan dibagi menjadi beberapa bagian dan bentuk sesuai selera. Diamkan selama 15 menit.

- Adonan siap diberi isian atau dibentuk sesuai selera. (aku buat kaya roti unyil, adonan aku giling terus kasih potongan keju, sosis gulung deh. untuk yang strowberry saya bentuk bulat biasa).

- Tata adonan di loyang yang sudah dioles margarin.

- Beri bahan olesan dan panggang suhu 190'C selama 15 menit.

- Setelah dikeluarkan dari oven, panas-panas oles dengan butter/margarin. Siap disajikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar