Senin, 14 Januari 2013

Ada Yang Salah Dengan berWirausaha??

Yups,,saya selalu bertanya dalam hati, apakah ada yang salah dengan berwirausaha??apakah seorang sarjana S1 memang HARUS dan WAJIB bekerja di kantor2, di bank atau pun menjadi PNS?

ini memang kisah real hidup saya, dulu pas awal2 abis wisuda (tahun 2010 akhir) saya giat dan lagi semanngat2 nya nyari kerja sana sini, pokoknya impiannya cuma pengen kerja jadi accounting/finance staff di perusahaan2 gitu. Setaun berlalu belum juga dapet kerjaan, tapi dalam setaun itu saya bukannya ga lolos satu pun dalam melamar, ada yang lolos tapi ada masalah dengan gaji, tempat yang jauh dan lingkungan disekitaran tempat kerja yang ga mendukung (waktu itu memang masih sangat idealis sekali). Tahun 2012 mulai kendor deh semangat cari kerja, ya apply2 sih masih tapi ya itung2 iseng2 berhadiah lah ga kaya dulu lagi deh pokoknya.

Suatu hari di tahun 2012 saya lagi jalan di salah satu mall di Bekasi, nah disitu ada toko yang jual tas mureehhh seukali padahal modelnya bagus2, ya udeh lah ya naluri kecewean saya muncul dan mulai deh belenjo2. sampe dirumah ada pikiran mau jual ni tas kalo pulang ke Indramayu. Setelah berdiskusi sama mamah dan teteh akhirnya ya mulailah saya berwirausaha menjual tas dengan modal pertama pinjaman Rp 600.000 dari mamah. Dibawa pulang ke Indramayu responnya luamayan akhirnya keterusan deh sampe sekarang jual2 tas lewat media sosial. Owya saya juga merambah bisnis sepatu, baju, sendal pokoknya all about fashion lah.

Namanya hidup ya ga jauh2 dari masalah yah, kalo ga ada masalah ya ga enak,hidup jadi flat..
banyak cibiran yang dateng dari temen2, tetangga, temen2 mamah,sodara yah banyak lah pokoknya..katanya ko udah sarjana ga kerja? kenapa? terus dibanding2in sama orang lainlah yang udah kerja kantoran. Maygattttttt kerja kantoran itu bukan passion saya!!!saya lebih enjoy dengan wirausaha ini!! biarpun hasilnya sedikit tapi hati kan senang yang penting dengan saya usaha seperti ini sya tidak pernah merugikan orang lain, kerjaan saya halal, sya sudah bisa bayar dokter muka saya sendiri, sudah bisa kontrol gigi pake duit sendiri, udah bisa shopping dengan duit sendiri juga, yang pasti kelebihan saya ga kerja kantoran ya karena EVERYDAY IS HOLIDAY!!!

saya pikir berwirausaha itu sangat menyenanngkan karena waktu yang lebih fleksibel dan ga ada yang ngatur2 kita yang emang pada dasarnya saya itu orang yang paling ga suka diatur2 jadi wirausaha ini sangat cocok buat saya...

saya kasian sama temen2 yang kerja kantoran, mereka pagi2 udah pergi berangkat kerja pulang udah sore/malem ajah sampe rumah. Kerjaannya gituuuu terus tiap minggu, libur cuma sabtu minggu doang. Kayanya ngeliat mereka stress tapi ya itu buat sebagian orang yah (suka ngedenger curhat temen2 yang kerja kantoran si gitu) tapi kelebihan mereka yang kerja kantoran, mereka bisa banyak sosialisasi sama orang2 baru, ketemu orang baru, nambah temen,nambah jaringan ahh saya iri kalo udah ngomongin masalah relation ini. Kalo wirausahawati kaya saya ini yanng ngemasarin produknya lebih banyak di sosial media, ya banyakin temennya di dunia maya.

temen2 banyak yang ngomong, apa ga sayang tuh ijazah? sekolah tinggi2 cuma jualan ujung2nya.Dan sayapun menjawab, TIDAK!! saya ga pernah nyesel saya sekarang jadi wirausaha, saya ga pernah nyesel kalo ijazah saya ga kepake buat ngelamar kerja, dan sayapun tidak pernah menyesal sudah menjalani waktu 4tahun untuk menyelesaikan study saya. Karena saat2 saya kuliah itu saya banyak dapet pelajaran hidup, dengan kuliah sya lebih banyak mengenal orang dengan sifat2nya yang amazing dan menambah teman2 tentunya. klise memang tapi ya memang begitu kondisinya.

jadi kalo saya lebih memilih untuk menjadi seorang wirausahawati ada yang salah??




Tidak ada komentar:

Posting Komentar